26 Februari 2013

Facebook dan Twitter Sepakat Dukung Firefox OS


KOMPAS.com - Sistem operasi mobile Firefox OS dari Mozilla, telah mendapat dukungan dari beberapa produsen ponsel dan operator seluler. Kali ini, dukungan yang makin luas datang dari perusahaan pembuat game dan perusahaan internet.

Dalam jumpa pers di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona, Spanyol, Minggu (24/2/2013), Mozilla mengumumkan bahwa Facebook dan Twitter bersedia membuat aplikasi di Firefox OS. Keberadaan aplikasi Facebook dan Twitter akan menjadi hal penting untuk sistem operasi mobile baru, karena keduanya adalah pemain besar dalam layanan jejaring sosial internet.

Beberapa perusahaan game juga akan memperkaya konten di Firefox OS, antara lain Cut the Rope, Where's My Water?, Where's My Perry, dan sejumlah game dari EA. Selain itu, Box, SoundCloud, and AccuWeather juga siap sedia menyediakan aplikasinya.

Dukungan berupa aplikasi dari perusahaan digital ini, tentu sangat diharapkan oleh Mozilla untuk membangun ekosistem dan menambah jumlah aplikasi di Firefox Marketplace. Ketersediaan aplikasi yang bermanfaat untuk pengguna, jadi salah satu kunci keberhasilan sistem operasi rubah api di masa depan.

Mozilla sedang kerja keras mengejar rencana peluncuran ponsel perdana Firefox OS untuk komersial pada akhir 2013 nanti.

Ponsel pertama Firefox OS telah diproduksi oleh produsen ZTE dan Alcatel. Keduanya berbagi panggung memamerkan ponsel Firefox OS di MWC 2013. Komponen dalam ponsel ZTE dan Alcatel menggunakan perangkat keras versi kelas bawah. Ini bisa disebut sebagai ponsel percobaan,

Produsen ponsel TCL asal China juga siap membuat ponsel Firefox OS.

Pada Juli 2012 lalu, Mozilla mengumumkan ada 7 operator seluler yang siap mendukung Firefox OS. Sekarang, jumlah operator seluler yang mendukung bertambah jadi 18 operator dari berbagai belahan dunia, antara lain América Móvil, China Unicom, Deutsche Telekom, Etisalat, Hutchison Three Group, KDDI, KT, MegaFon, Qtel, SingTel, Smart, Sprint, Telecom Italia Group, Telefónica, Telenor, Telstra, TMN dan VimpelCom.
Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.

Organisasi yang berkantor di Mountain View, Amerika Serikat ini mengatakan, Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka (open source). Dibangun sepenuhnya pada standar web terbuka dan aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi HTML5.


Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar